Menu

Desain Rumah Mungil Tingkat

0 Comments

jasa Arsitek jakarta selatan

Rumah Bp Johan

Banyak hal yang memotivasi seseorang membangun rumah tingkat. Salah satunya karena tidak memiliki lahan yang cukup luas sehingga bangunan terpaksa dikembangkan secara vertikal. Ide ini ternyata solusi paling brilliant sebab masalah sempitnya lahan dapat teratasi dengan hunian 2 lantai yang memberi keleluasaan untuk pembagian luas ruangan yang lebih ideal. Dengan demikian desain rumah tingkat bukan semata-mata simbol kemewahan atau identitas status sosial seseorang, sebab untuk ukuran standar, rumah tingkat dapat dimiliki oleh siapapun dengan latar belakang ekonomi apapun.

Untuk rumah tingkat minimalis, efisiensi ruang secara tepat dan fungsional tetap menjadi priotitas utama. Hal ini disebabkan karena ketersediaan lahan yang tidak mencukupi apalagi jika jumlah anggota keluarga semakin bertambah. Untuk mempermudah desain rumah khususnya lantai 2, pemilik rumah perlu mendata semua yang dibutuhkan, mulaii dari furnitur, aksesoris, dan semua elemen layaknya lantai 1. Untuk itu jika kita masih ragu terkait desain yang kita inginkan tentu lebih aman jika kita menyewa jasa arsitek atau tenaga profesional agar pengembangan rumah menjadi 2 lantai tidak merusak struktur rumah aslinya.

Rumah Tingkat di Area Sempit

Rumah yang dirancang 2 lantai atau lebih tentu akan jauh lebih mudah dalam hal pembagian ruang yang dibutuhkan. Seluruh anggota keluarga dapat memilih kamar tidur dengan ukuran yang diinginkannnya, menambah kamar mandi, bahkan sekaligus membuat ruang rekreasi. Untuk rumah tingkat yang tergolong mungil sangat penting menempatkan ventilasi supaya sirkulasi udara dan sirkulasi cahaya berjalan normal di seluruh ruangan. Ventilasi yang dibutuhkan biasanya jendela ukuran besar, pintu, dan lubang angin.

Seperti halnya desain rumah tingkat pada umumnya, rumah tingkat minimalis dibagi menjadi lantai 1 dan lantai 2 dengan fungsi sedikit berbeda. Lantai 1 biasanya didesain lebih terbuka dengan spesifikasi ruang yaitu ruang tamu, kamar tidur tamu, atau bisa juga digunakan untuk tempat usaha. Pembagian ruang ini tentu saja harus disesuaikan dengan kondisi keuangan, artinya jika keuangan kurang mencukupi maka pembuatan ruang bisa dilakukan secara bertahap.

Syarat Penting Desain Rumah Tingkat

Dalam mendesain rumah tingkat menentukan konsep adalah langkah awal paling penting. Sekali waktu mungkin akan terjadi perubahan dengan perombakan dibeberapa bagian untuk mendapatkan kualitas ruang yang maksimal. Intinya dalam hal ini hasil akhir dari proses desain harus mampu mengakomodasi semua kebutuhan sehingga seluruh penghuni rumah bisa mendapatkan ketenangan sekaligus kenyamanan.

Meskipun hanya memiliki lahan terbatas, rumah tingkat minimalis biasanya memakan banyak tempat. Untuk itu rumah perlu didesain dengan sentuhan modern agar terlihat lebih mewah dan enak dilihat. Setiap sudut rumah sebaiknya dimanfaatkan untuk area penyimpanan. Artinya jika masih ada perabot atau barang yang tidak kebagian tempat di gudang, kita bisa memanfaatkan sudut-sudut ruang untuk menyimpan perabotan tersebut.

Ruang tamu untuk rumah tingkat minimalis standar ukuran ideal umumnya mempunyai luas 5 x 4 m3. Sedangkan tiap-tiap kamar di lantai 1 atau 2 menggunakan ukuran 3 x 3 m2, sementara khusus kamar tidur utama ukurannya lebih besar yaitu 4 x 3 m2. Umumnya lantai 1 terdapat ruang keluarga, ruang tamu, kamar tidur tamu, kamar mandi, gudang, dan kamar pembantu. Sementara untuk lantai 2 biasanya digunakan untuk kamar tidur anak serta ada sedikit ruang untuk area menjemur.

Desain rumah tingkat juga memungkinkan untuk membuat kamar tidur sekaligus sebagai ruang kerja, dengan catatan luasnya mencukupi. Penggabungan dua fungsi dalam satu ruang tersebut tentu membuat suasana kerja terkesan lebih privacy sehingga terkesan lebih formal. Untuk memisahkan antara ruang tidur dan ruang kerja bisa dibuat sekat dari gorden atau tirai transparan.

 

Related Images:

Share
Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree